Thursday 14 January 2016

7 Hal Sebelum Memulai Bisnis Reseller



Sebelum terjun di bisnis reseller, ada baiknya kita cermati terlebih dahulu beberapa hal penting yang merupakan kunci dari bisnis reseller. Agar kita lebih tahu arah dalam bertindak. Ibaratnya jika kita ingin berperang, maka kita harus tahu seperti apa medan yang akan kita hadapi. Berikut ini ada 7 hal penting yang mesti anda tahu sebelum memulai bisnis reseller.


1. Bangun Mindset Pebisnis

Saat terjun di dunia bisnis, perlu dikertahui bahwa sebenarnya bisnis tidak semata-mata karena uang. Sebaiknya jika masih baru memulai, niatkan untuk belajar terlebih dahulu. Pelajari dulu poin-poin dalam menjalankan sebuah usaha. Mulai dari bagaimana menawarkan produk, mengatur keuangan dan stok barang, menangani komplain, hingga bagaimana menghadapi persaingan usaha. Jika kita sudah menguasai tiap poin dalam membangun sebuah usaha, tentu keuntungan pasti akan mengikuti.

Dan jangan pernah takut untuk gagal. Siapapun akan mengalami kegagalan. Jadi bersiaplah untuk bangkit jika mengalami kegagalan. Thomas Alfa Edison saja pernah mengalami ribuan kegagalan, namun dia berhasil bangkit ribuan kali juga dan akhirnya dia bisa menyelesaikan hasil temuannya. Iya kan!



2. Tentukan Produk

Terdapat berbagai jenis produk yang bisa kita temukan jika kita mau mencari di internet. Mulai dari fashion, makanan, kecantikan, kesehatan, gadget, hingga mesin industri. Pilih salah satu saja yang paling bisa anda kuasai. Hindari menjual suatu produk yang anda sendiri tidak dapat menjelaskan spesifikasi produknya. Contohnya jika anda tidak tahu tentang fotografi, maka jangan memilih untuk menjual kamera. Mungkin akan lebih cocok jika anda menjual T-Shirt yang desainnya tentang fotografi. Lebih mudah menjelaskan T-shirt daripada kamera kan!



3. Pilih Suplier Terpercaya

Jika sudah menentukan produknya, cari suplier yang memiliki respon yang cepat dan dapat dipercaya. Respon yang cepat nanti akan berpengaruh pada tingkat pelayanan terhadap pelanggan anda. Dan dapat dipercaya dalam hal stock, kwalitas produk, dan pengiriman. Suplier anda harus dapat memberikan stock barang yang selalu update, memberikan spesifikasi dan kwalitas produk dengan sebenar-benarnya, dan segera memberikan resi pengiriman setelah barang dikirim.



4. Atur Manajemen Waktu

Jika bisnis yang anda jalankan masih jadi sambilan, maka anda harus pintar dan disiplin dalam mengatur waktu. Jangan sampai mengerjakan bisnis sambilan saat anda masih mengerjakan pekerjaan utama anda. Yang demikian sama saja dengan korupsi waktu. Atur waktu jam berapa saja anda menjalankan bisnis anda. 


Kalaupun anda menjalankan bisnis secara full time, bukan berarti bekerja dengan seenaknya. Karena biasanya kalau menjalankan bisnis sendiri itu kadang dihinggapi rasa malas. Rasa malas ini harus dilawan dengan job-job yang bisa anda tulis di kertas notes. Kerjakan daftar pekerjaan yang anda buat sendiri setiap hari untuk mendisiplinkan diri.



5. Buat Administrasi Keuangan

Meskipun masih kecil-kecilan, kelengkapan administrasi harus tetap anda buat. Kalau nanti sudah ramai order, anda nggak akan kewalahan mengatur keluar masuknya kas, daftar belanja, daftar pelanggan, ongkos kirim, keuntungan, dll.



6. Evaluasi Berkala

Setelah genap sebulan, lakukan evaluasi mulai dari promosi, respon pelanggan, kwalitas pelayanan, dll. Apakah promosinya kurang? Seperti apa respon pelanggan? Bagaimana sistem pembayarannya? Dll. Lakukan evaluasi secara berkala untuk meningkatkan kwalitas bisnis anda. 



7. Fokus 1 Jenis Produk

Banyak yang sukses di bisnis online, reseller, atau dropship. Namun banyak juga yang gagal. Salah satu penyebabnya adalah tidak dapat fokus menjalankan bisnis. Dapat kesulitan sedikit sudah berganti dengan bisnis yang lain. Padahal mereka yang sukses menjalankan bisnis karena mereka tekun dalam mencari solusi atas kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi saat menjalankan bisnisnya. Anda tentu tahu tentang air yang menetes terus menerus dapat melubangi sebuah batu yang keras, bukan! Naah, ayo fokus!






Share:

0 comments:

Post a Comment

SHARETHIS

Kripik Samson

Produk Baru

Kripik Samson

Kontak Kami

Paling Sering Dibaca