Tuesday 2 February 2016

Memilih Sosial Media Yang Tepat Untuk Promosi



Menggunakan media sosial sebagai sarana untuk promosi sangat disukai oleh pelaku bisnis online, termasuk juga para pelaku bisnis reseller. Selain dapat dipakai secara gratis, promosi melalui sosial media dapat menjangkau lebih banyak target pasar. Di tahun 2015 saja, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 38 juta pengguna. Bayangkan jika 1% saja yang membeli produk anda, hasilnya sudah luar biasa.

Beberapa sudah sukses mengembangkan bisnisnya melalui sosial media. Namun banyak juga yang masih gagal menggunakannya. Salah satu penyebabnya adalah kurang fokus pada sosial media yang digunakan. Karena tiap sosial media mempunyai target market yang berbeda. Misalnya jika target marketnya kebanyakan orang dewasa, maka tidak akan maksimal jika menggunakan twitter yang kebanyakan penggunanya adalah anak muda.

Bagaimana memilih sosial media yang tepat untuk promosi? Berikut ini beberapa hal yang dapat anda pertimbangkan dalam menentukan sosial media yang tepat.

1. Facebook
Terbukti bahwa facebook masih mempunyai pengguna terbesar di dunia, termasuk di Indonesia. Penggunanya pun mencakup kalangan remaja hingga dewasa. Menggunakan facebook, anda harus mempunyai konten dengan kwalitas tinggi dan bersifat viral. Agar dapat menyebar dengan cepat dan menjangkau banyak pengguna facebook. 
Jika target dari produk anda untuk semua usia, lebih baik gunakan facebook. Namun jangan terlalu sering update status. Maksimal 2 kali sehari atau 6-10 per minggu. Untuk menjaga kwalitas dari konten anda.


2. Twitter 
Gunakan twitter jika anda sangat aktif di sosial media. Karena twitter mempunyai frekwensi konten yang sangat tinggi. Twit anda bisa langsung tenggelam hanya beberapa menit saja. Oleh sebab itu anda harus sering-sering ngetwit minimal 5 kali sehari atau lebih. 
Sebagian besar pengguna twitter adalah anak muda, dari usia 18 hingga 35 tahun. Usia lebih dari itu jarang sekali menggunakan twitter. Dan anda harus kreatif dalam memanfaatkan twit yang hanya berjumlah maksimal 140 karakter.


3. Instagram
Jika anda mempunyai foto-foto produk yang bagus, sebaiknya gunakan instagram. Karena tingkat interaksi di instagram sangat tinggi. Update perhari 1-2 kali atau lebih untuk mendapatkan respon yang maksimal.






Share:

0 comments:

Post a Comment

SHARETHIS

Kripik Samson

Produk Baru

Kripik Samson

Kontak Kami

Paling Sering Dibaca