Tuesday 26 January 2016

7 Panduan Promosi Untuk Reseller Pemula



Bagaima cara jualnya nanti kalau sudah jadi reseller? Pertanyaan ini tentu sering muncul di kepala anda saat pertama kali mendaftar menjadi reseller. Hal ini disebabkan karena belum tahu pemasarannya seperti apa. Dan cenderung ingin order produknya sedikit dulu. Nanti kalau laku, baru order banyak. Iya, begitu biasanya.

Ragu sih boleh saja, tapi jangan samapai menghentikan langkahmu untuk membangun bisnis. Cobalah mempelajari dahulu bagaimana cara berpromosi, khususnya untuk reseller pemula. Seperti 7 panduan di bawah ini yang diambil dari pengelaman reseller-reseller Bisnis Kripik Monster.


1. Promosi Sebelum Produknya Datang
Anda sudah order produknya tapi masih belum datang. Kenapa tak promosikan saja dulu. Tidak perlu nunggu barang datang. Langsung promosikan saja! Sasaran pertama bisa orang-orang terdekat dulu seperti sanak keluarga, kerabat, teman kantor, dll. Yang penting orang sudah kenal dengan anda dulu.

Beritahukan kepada mereka bahwa anda saat ini berjualan produk. Perlihatkan juga gambarnya dan lengkapi dengan kata-kata pemikat seperti “Bro, sekarang aku jualan kripik nih. Barangnya datang 3 hari lagi. Kamu ga pengen nyobain? Soalnya barangnya cuma ada 50 pcs.” Biarkan mereka penasaran karena barangnya belum datang dan takut kehabisan karena produknya terbatas.


2. Berikan Harga Khusus
Sebagai pemikat dan perkenalan, ga apalah ambil untung sedikit dulu. Yang penting modalnya berputar. Berikan harga sedikit di bawah standar, tapi setelah itu harga kembali normal. Selain bertujuan sebagai pemikat, juga menjadi kesempatan anda untuk mengumpulkan testimoni berupa komentar dan photo sedang membawa produk.

Jadi setelah mereka membeli, jangan ragu meminta photo mereka. Kemudian upload photonya sebagai promosi di sosial media. Teman-temannya yang melihat pasti akan penasaran dan akan membeli produk anda. 


3. Berikan Tester 
Biasanya orang sebelum membeli ingin mencoba terlebih dahulu. Berkorban produk dulu ga masalah demi melancarkan penjualan. Tapi batasi jumlahnya testernya dan jangan kepada semua orang. Pilih kira-kira mana calon pembeli yang potensial membeli produk anda. Kalo sudah ada yang mencoba, nah kesempatan anda untuk mengolahnya agar menjadi pelanggan. Jangan biarkan orang yang telah mencoba tester dari anda pergi begitu saja. 


4. Layanan Delievery
Berpromosi tidak selalu menggunakan potongan harga. Bisa juga berberntuk layanan seperti jasa antar gratis. Tapi dengan jumlah order tertentu agar anda masih untung meskipun ada ongkos kirimnya. Misalnya antar gratis untuk pembelian minimal 3 pcs dan pengiriman antara jam 3 sampai jam 5 sore. Tujuannya agar anda dapat mengumpulkan banyak order untuk sekali kirim. Menghemat ongkos pengiriman, kan!


5. Umumkan Dimana Anda Berada
Kadang orang masih ragu untuk order jika belum tahu fisik produknya. Maka dari itu beri mereka kesempatan untuk melihat sendiri barangnya dengan cara mengumumkan dimana mereka bisa ketemu dengan anda. Misalnya anda nanti sore berada di alun-alun kota, umumkan melalui sosial media “Mau Nyobain Kripik? Datang aja ke alun-alun kota sore ini!”


6. Kerjasama Teman
Bila anda mempunyai teman yang berprofesi sebagai pekerja kantoran, mereka ini bisa diajak bekerja sama. Teman mereka di kantor tentu banyak kan! Naah ajak dia untuk menawarkan produk anda kepada teman sekantornya. Dengan memberikan dia keuntungan jika produknya terjual. Bisa dalam bentuk komisi atau berupa produk itu sendiri. Akan sangat menguntungkan kalau kerjasama tersebut juga bisa berkelanjutan.

7. Jemput Bola
Datangi dan tawarkan ke kantor-kantor pada jam istirahat. Yang satu ini perlu mental tinggi dan kadar gengsi yang serendah-rendahnya. Lebih baik buang dulu rasa malu. Kalau sudah merasakan hasilnya, pasti akan ketagihan. Tarik nafas kemudian hembuskan. Lalu lakukan saja. Ingat lagi target besar anda.

Datangi kantor-kantor pada saat jam istirahat. Biasanya potensi belinya sangat besar. Kalau yang satu beli, biasanya yang lain pasti ikut beli. Dan menurut pengalaman reseller Bisnis Kripik Monster yang pernah melakukan cara ini, kadang malah ditelpon ditanya kapan mampir ke kantornya lagi, banyak yang mau beli. Naah, pengen yang kayak gitu juga? Ayo segera ACTION!








Share:

0 comments:

Post a Comment

SHARETHIS

Kripik Samson

Produk Baru

Kripik Samson

Kontak Kami

Paling Sering Dibaca